Solusi 3 Masalah Pokok Dalam Memulai Bisnis-1

memulai bisnis itu indah

Ya… Hanya ada 3 masalah pokok dalam memulai sebuah bisnis. Jika anda memiliki salah satunya, tentu anda sekarang berada dalam suatu masalah yang sulit untuk di pecahkan. Tiga masalah itu adalah 1. Modal 2. Ilmu Pengetahuan dan 3. Tujuan. Mungkin itu rumusan Saya berdasar dari apa yang telah saya alami dalam memulai sebuah usaha.

Saya tidak akan mulai dari permasalahan pertama, namun saya akan mulai dengan membahas permasalahan yang ketiga terlebih dahulu. Permasalahan mengenai tujuan saya anggap adalah permasalahan paling utama ketika anda memulai bisnis. Jika anda miskin tujuan, tentu anda tidak tahu kenapa anda harus ber-wirausaha. Jika anda belum tahu apa tujuan anda, tentu pertanyaan ini akan saya kembalikan kepada diri anda sendiri, sebenarnya apa yang ingin anda dapatkan ketika anda ingin ber-wirausaha. Mungkin akan saya berikan contoh tujuan yang tidak tepat ketika anda memilih wirausaha sebagai jalan anda. Contoh pertama, dulu ketika saya ingin berwirausaha tujuan utama saya adalah supaya saya memiliki banyak waktu luang untuk keluarga saya, dan sekali lagi ini adalah tujuan yang salah. Jika anda baru memulai bisnis anda pada satu hingga dua tahun pertama, bisa dipastikan anda akan banyak sekali kehilangan waktu tersebut. Kesibukan dalam membangun bisnis akan melebihi kesibukan ketika anda menjadi karyawan. Saya merasakan ketika saya mulai menjadi seorang wiraswasta, waktu 24 jam ternyata masih tidak cukup untuk aktivitas yang harus saya lakukan pada setiap harinya. Terbukti tujuan saya salah. Contoh kedua, Jika anda bertujuan untuk mendapatkan penghasilan yang melimpah dan mampu mencukupi kebutuhan hidup anda dengan cara yang lebih enak (santai) dibandingkan dengan ketika anda menjadi seorang karyawan, sekali lagi saya mengatakan bahwa tujuan anda salah. Seorang wiraswasta memiliki penghasilan yang sangat tidak stabil, bahkan saya pernah mengalami skali waktu saya hanya menafkahi istri saya dengan uang sebesar Rp. 200.000,- sebulan (pada tahun 2008) karena uang saya banyak untuk investasi pada bisnis yang belum berhasil. Salah satu tujuan yang benar ketika anda berwirausaha adalah anda memilih ber-wirausaha adalah menginvestasikan baik waktu dan dana untuk mendirikan sebuah usaha yang bermanfaat bagi orang banyak. Kenapa saya sebut sebagai investasi, karena uang yang anda tanamkan pada usaha anda belum tentu dalam jangka waktu satu bulan akan kembali. Bisa satu tahun, atau bahkan bisa juga pluhan tahun modal anda baru akan kembali. Jadi disini anda dapat mengetahui tujuan yang sesungguhnya dari wirausaha. Selanjutnya kenapa harus bermanfaat bagi orang banyak, bukan diri anda sendiri. Ketika anda memulai sebuah bisnis tentu anda butuh konsumen, selanjutnya konsumen butuh pelayanan. Jika anda hanya memikirkan diri anda sendiri (terutama masalah finansial) saya yakin konsumen hanya akan sekali itu saja beli produk atau jasa anda. Jangan harap konsumen akan merekomendasikan produk anda kepada orang lain. Itulah kenapa pada bagian pertama ini saya harus membenarkan inti dari tujuan anda mengambil jalan hidup sebagai seorang wiraswasta. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

